Memotret Semangat dalam Kegiatan STPKat

STPKat memasuki Semester baru. Pembelajaran tatap muka atau luring menjadi pilihan utama semester ini. Untuk memompa semangat seluruh civitas akademika, kegiatan-kegiatan baru digalakkan, antara lain seperti senam, pramuka, dan Excited day.

Pertama-tama dengan kegiatan Senam bersama telah ampuh mengajak setiap peserta bersemangat mengikuti dengan gerak dan lagu. Tidak jarang beberapa mahasiswa dan dosen yang kualahan mengikuti ritme musik. Walau demikian mereka tetap setia menyelesaikan senam sampai akhir. Intinya mereka yang ikut itu pada gembira, bersenang-senang terlepas dari terbiasa atau tidak dalam berolah raga. Karena pada tujuan utamanya senam diadakan untuk bersenang-senang seperti yang disampaikan oleh Romo Yuyun:

“senam diadakan untuk memberi waktu kepada seluruh keluarga kampus agar bisa kumpul bareng, tidak dalam akademik, tidak dalam pesta-pesti, tetapi having fun.”

Memang sangat penting kerukan antara seluruh anggota, apalagi apabila setiap hari bertemu hanya dengan lewat begitu saja jika dipandang tidak mengenakkan. Dalam satu keluarga besar haruslah saling menyapa dan mengenal agar kenyamanan dalam kampus terjaga dengan baik.

Kegiatan Senam Bersama

Kegiatan selanjutnya adalah pramuka. Pramuka sampai sekarang ini sudah memasuki minggu keempat dengan berbagai materi yang sudah disampaikan oleh Pak Alfons sebagai pembinanya dengan segudang maksud yang bermanfaat untuk mahasiswa.

Pramuka adalah kegiatan wajib mahasiswa karena harapannya selain menjadi guru agama ada baiknya memiliki sebanyak mungkin keterampilan khususnya dalam bidang pramuka. Karena sebagai bekal yang dapat dipertanggunjawabkan maka setelah melakukan kegiatan ini mahasiswa akan mendapatkan sertifikat dari lembaga kepramukaan sendiri yang menyatakan bahwa mahasiswa terkait bisa mengajar pramuka.

STPKat sangat mendukung kegiatan pramuka untuk semua mahasiswa, hal itu salah satunya tampak dari penjelasan bu Irene: “proses pengadaan pramuka sudah kami diskusikan lama sekali, bertahun-tahun. Alasannya karena hampir semua lembaga pendidikan tenaga kependidikan LPTK memberikan pelajaran pramuka menjadi pelajaran wajib. Disamping itu kegiatan pramuka sangat bagus untuk membentuk mental dan fisik seseorang agar menjadi dia yang berkarakter baik. memang antusias mahasiswa saat mengikuti kegiatan ini kurang bagus, tetapi setelah mereka masuk dalam PPL di sekolah barulah mereka berefleksi bahwa keterampilan pramuka itu sangat dibutuhkan. Oleh karena itu kami menimba dengan pertimbangan banyak kami memutuskan diadakannya pramuka.” Ucapnya.

Kegiatan Excited Day adalah kegiatan ketiga yang mana tujuannya adalah menambah pengetahuan mahasiswa, khususnya di bidang kerohanian dan pendidikan. Kegiatan ini juga ingin meningkatkan antusias mahasiswa dalam bidang-bidang tersebut dan menjalin keakraban sekaligus menambah pengetahuan bagi mahasiswa.

Antusias dari teman-teman panitia menjadikan kegiatan Excited Day menjadi sayang untuk dilewatkan karena menurut Januar dapat membantu menjalin relasi akrab antar mahasiswa dan menambah pengetahuan, demikian pernyataannya “Hari yang paling bersemangat atau Excited Day ini buat seru seruan menjalin keakraban sekaligus menanmbah pengetahuan bagi mahasiswa. Kedepannya BEM berusaha untuk memberikan kegiatan yang menarik dan edukatif dan membuat mahasiswanya semakin antusias”.

Sayangnya kegiatan Excited Day tidak cukup banyak fansnya. Kebanyakan menganggap kegiatan ini sangat melelahkan dan memberatkan mahasiswa. Tugas yang diberikan oleh dosen cukup banyak dan ditambah dengan kegiatan ini maka memberatkan tugas dan diri mahasiswa.

Meski demikian lebih banyak mahasiswa yang menganggap kegiatan Excited Day maupun pramuka dan senam ini adalah kegiatan yang menyenangkan dan asik. Karena mereka mampu untuk bermain bersama dengan teman-teman lainnya dan berdinamika bersama. Seperti yang diungkapkan oleh Milo Wardana sebagai salah seorang mahasiswa: “perasaan dalam megikuti kegiatan ini tidak capek karena kegiatan ini cukup seru bisa berkelompok dengan teman-teman yang lain juga”

Dengan demikian kegiatan-kegiatan baru yang diadakan semuanya mempunyai tujuan yang sama yaitu menjalin keakraban antara mahasiswa satu dengan yang lain dan juga antara dosen dan para staff●

Oleh: Arnia dan Tessa

Written by