LCC: “Katolik Jiwaku, Indonesia Denyut Nadiku; 100% Katolik, 100% Indonesia”

Pertama-tama kami ucapkan segala puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena berkat dan kasih karunia yang diberikan kepada kami maka kami dapat mengadakan  “Lomba Cerdas Cermat Pendidikan Agama Katolik Jenjang SMA / SMK Tingkat Nasional” ini dengan baik dan juga penuh semangat. Lomba ini bertujuan agar para kaula muda khususnya OMK dapat lebih memahami dan meningkatkan iman mereka akan katolisitas dan juga melihat pada diri masing-masing mengenai seberapa “katolik” saya ini. Walaupun tolak ukur kekatolikan seseorang bukan dilihat dari seberapa banyak pengetahuannya tentang katolik, Namun tidak ada salahnya untuk mengasah bukan?

Tahun ini jumlah TIM yang turut berpartisipasi ada 73. Masing-masing TIM ini terdiri dari kelompok OMK dan SMA. Tidak hanya itu, jumlah yang cukup banyak rupanya tidak didominasi dari kelompok dari Semarang dan Jawa Tengah saja namun berasal dari spektrum OMK Gereja seindonesia serta SMA dari beberapa provinsi di luar Jawa Tengah.

Antusiasme pada kegiatan ini ternyata membuahkan dinamika antar peserta dan panitia yang seru. Misalnya ketika ada sesi sharing, ada kelompok peserta yang memberikan usulan menarik tentang tema dan konsep baru LCC mendatang supaya lebih menantang dan diminati lebih banyak peserta. Menanggapi hal itu kemudian panitia mulai mendokumentasikan ide baru untuk persiapan selanjutnya.

Walau secara keseluruhan kegiatan berjalan lancar dan menyenangkan, namun tidak dapat dipungkiri beberapa TIM yang tersisihkan juga merasa sedih. Berikut ini adalah pemenang dalam LCC tahun 2024: SMAN 5 Semarang memperoleh juara III, SMA Sedes Sapientiae Jambu Juara II. Kedua TIM bersaing sangat ketat dengan menjawab pertanyaan paling sedikit kekeliruan. Akhirnya sebagai Juara I dari LCC ini mereka adalah TIM yang memiliki prosentase kecil untuk keliru dalam menjawab soal serta memiliki kerja sama kelompok yang solid diraih oleh SMA St. Angela Bandung.

Naskah: Marcelinus Dewa (Semester IV)

Editor: B. Bram Suarga

Written by