Membuka Cakrawala Ilmiah Guru-guru Yayasan Pendidikan Mataram Semarang dalam Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas


Sebuah acara pelatihan yang cukup penting diselenggarakan bagi para guru di Yayasan Pendidikan Mataram Semarang. Dua orang penceramah, Dr. Hartutik, M.Pd dari STPKat St. Fransiskus Asisi Semarang dan Prof. Y.L Sukestiyarno, Ph.D, seorang ahli pendidikan dari FMIPA Unnes, hadir untuk memberikan ilmu dan wawasan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan bekal kepada para guru di Yayasan Mataram. Ada beberapa masalah yang mendasari kebutuhan akan pelatihan ini. Mulai dari minimnya pengetahuan para guru terhadap karya ilmiah, kurangnya pelatihan dalam pembuatan karya ilmiah, hingga minimnya pengalaman dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Belum lagi, kurangnya motivasi para guru TK, SD, SMP, dan SMA/SMK di Yayasan Pendidikan Mataram untuk berinovasi, terutama dalam hal pembuatan karya ilmiah dan PTK.

Namun, hasil tanggapan dari para guru sungguh menggembirakan. Mereka menyatakan rasa senang dan bersyukur atas adanya pelatihan ini. Pelatihan tersebut mampu mendorong mereka untuk lebih aktif dalam berkarya dan melakukan refleksi diri. Ini adalah langkah awal yang baik menuju peningkatan mutu pendidikan di yayasan ini.

Written by